Biografi Brigadir Jenderal TNI Ignatius Slamet Rijadi



Brigadir Jenderal TNI Ignatius Slamet Rijadi, lahir di Surakarta, 26 Juli 1927 meninggal di Ambon, 4 November 1950 pada usia 23 tahun. Beliau menempuh pendidikan di sekolah pelaut yang dikelola oleh Jepang .

Setelah Indonesia merdeka, menjadi anggota TKR dan memimpin pasukan di Surakarta . Pada 1947 ikut operasi melawan Belanda di Ambarawa dan Semarang, serta bertanggung jawab atas Resimen 26. Tahun 1949 mengambil alih kota Surakarta. Pada tahun 1950, dikirim ke Maluku untuk ikut menumpas Republik Maluku Selatan.

Rijadi gugur tertembak menjelang operasi berakhir. Kemudian dianugerahi beberapa tanda kehormatan secara anumerta pada tahun 1961, dan ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 9 November 2007. Sebenarnya Slamet Rijadi terlahir dengan nama Soekamto ia adalah putra kedua dari pasangan Raden Ngabehi Prawiropralebdo, seorang anggota pasukan pada tentara kesultanan Surakarta, dan Soetati, seorang penjual buah.

Saat Soekamto berusia satu tahun, ibunya menjatuhkannya; ia kemudian jadi sering sakit-sakitan. Untuk membantu menyembuhkan penyakitnya, keluarganya dijual dalam ritual tradisional suku Jawa kepada pamannya, Warnenhardjo; setelah ritual, nama Soekamto diganti menjadi Slamet. Meskipun setelah ritual secara formal ia adalah putra Warnenhardjo, Slamet tetap dibesarkan di rumah orangtuanya.

Ia memeluk agama Katolik, namun sejak kecil Slamet menyukai "'tirakat' berpuasa dan hal-hal 'mistik'". Sekolah dasar dilaluinya di Hollandsch-Inlandsche Schooll Ardjoeno, sebuah sekolah swasta yang dimiliki dan dikelola oleh kelompok agamawan Belanda.

Saat bersekolah di Sekolah Menengah Mangkoenegaran, ia memperoleh nama belakang Rijadi karena ada banyak siswa yang bernama Slamet di sekolah tersebut. Saat di sekolah menengah juga ayahnya kembali "membelinya" dari sang paman.

Foto Makam Slamet di Ambon sebelum dipindahkan ke Jawa. Tampak Ayahnya melakukan ziarah didampingi Mayor TNI dr Soejoto .

By : Hoesein Rusdhy
Biografi Brigadir Jenderal TNI Ignatius Slamet Rijadi Biografi Brigadir Jenderal TNI Ignatius Slamet Rijadi Reviewed by BIWARANEWS on April 16, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar