Syarat Sebuah Karya jurnalistik Yang Obyektif



Syarat sebuah artikel bisa disebut sebagai berita adalah sesuai dengan Fakta, yaitu Berdasarkan kenyataan yang didapat di lapangan, Kejadian nyata, Pendapat (Opini) narasumber, dan Pernyataan sumber berita

Sekedar untuk catatan bahwa,  Opini atau pendapat pribadi reporter yang dicampuradukkan dalam pemberitaaan yang ditayangkan bukan merupakan suatu fakta dan bukan karya jurnalistik.
Obyektif

Lalu, Sesuai dengan keadaan sebenarnya, tidak boleh dibumbui sehingga merugikan pihak yang diberitakan. Reporter dituntut adil, jujur dan tidak memihak, apalagi tidak jujur secara yuridis merupakan sebuah Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik.

Berimbang, Porsi sama, tidak memihak/tidak berat sebelah. Reporter harus mengabdi pada kebenaran ilmu atau kebenaran berita itu sendiri dan bukan mengabdi pada sumber berita (check, re-check and balance) yang perlu didukung dengan langkah konfirmasi dari pihak-pihak yang terkait dalam pemberitaan.

Selanjutnya adalah, Lengkap.  Terkait dengan rumus umum penulisan berita yakni 5W+1H
What : Peristiwa apa yang terjadi (unsur peristiwa) When : Kapan peristiwa terjadi (unsur waktu)
Where : Dimana peristiwa terjadi (unsur tempat) Who : Siapa yang terlibat dalam kejadian (unsur orang/manusia) Why : Mengapa peristiwa terjadi (unsur latar belakang/sebab) How : Bagaimana peristiwa terjadi. (unsur kronologis peristiwa)

Dan yang terakhir adalah, Akurat yaitu Tepat, benar dan tidak terdapat kesalahan. Akurasi sangat berpengaruh pada penilaian kredibilitas media maupun reporter itu sendiri.  (Sumber)
Syarat Sebuah Karya jurnalistik Yang Obyektif Syarat Sebuah Karya jurnalistik Yang Obyektif Reviewed by BIWARANEWS on April 03, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar