Tradisi “Nawu Sendang Gayam” di Samigaluh




Kulon Progo.  Babinsa Pagerharjo, Serda Dawam, Minggu, 21 April 2019, pukul 14.00 WIB, menghadiri Acara Adat “Nawu Sendang Gayam”, di Dusun Suren, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Diinformasikan Babinsa Pagerharjo, acara tradisi tersebut dihadiri oleh Tim Monitoring Desa Budaya dari Dinas Kebudayaan Propinsi DIY, Ibu Keksi Wuryaningsih Anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo, Kepala Desa Pagerharjo, Dukuh dan Warga Dusun Suren Desa Pagerharjo.

Disampaikan oleh Tokoh Adat bahwa proses nawu sendang adalah simbol kebersihan masyarakat, karena dalam satu tahun sendang digunakan oleh banyak orang. Itu sebagai simbol kebersihan kita, kita manusia harus bersih. Kebersihan bisa memberikan kesuksesan, sedangkan apapun yang kotor itu bisa menimbulkan penyakit dan mengganggu.  “Nawu Sendang” dilakukan oleh segenap pejabat, tokoh adat dan tokoh masyarakat Dusun Suren. (Pendim 0731/KP).
Tradisi “Nawu Sendang Gayam” di Samigaluh Tradisi “Nawu Sendang Gayam” di Samigaluh Reviewed by Tag on April 22, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar