Tradisi Pembersihan Makam Di Hargotirto Kokap Kulon Progo




Kulon Progo.  Biwaranews.com  -  Selasa, 02 April 2019, Serka Maryanta, Babinsa Hargotirto, Koramil Kokap, Kodim Kulon Progo, mengikuti kerja bhakti pembersihan makam, di TPU Teganing yang beralamat di Dusun Teganing II, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Diinformasikan Babinsa Hargotirto bahwa kerja bhakti dilakukan oleh warga masyarakat dari 3 (tiga) Dusun yang ada di wilayah Desa Hargotirto yaitu Dusun Teganing 1, Teganing II dan Teganing III.  Turut hadir pada kerja bhakti ini Kadus beserta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dari tiga Dusun tersebut.

Giat pembersihan makam yang dilakukakan ini dalam rangka nguri-uri adat tradisi bersih makam leluhur pada Bulan Rajab, yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali.   Dengan dilaksanakan pembersihan, makam terlihat lebih bersih dan rapi, sehingga dapat menghilangkan kesan angker.   Bagi para warga yang mempunyai orangtua/saudara/kerabat kegiatan ini sekaligus dijadikan sebagai sarana ziarah kubur, sehingga dapat mengingatkan kepada yang masih hidup bahwasanya kita semua akan meninggalkan dunia ini seperti almarhum/almarhumah. (Pendim 0731/KP).
Tradisi Pembersihan Makam Di Hargotirto Kokap Kulon Progo Tradisi Pembersihan Makam  Di Hargotirto Kokap Kulon Progo Reviewed by BIWARANEWS on April 03, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar