Anggota Koramil Galur Kodim Kulon Progo Mengikuti Gladi Lapang Desa Tangguh Bencana



Biwaranews.com  -  Kulon Progo. Senin, 29 April 2019, pukul 09.00-11.15 WIB, bertempat  di Lapangan Klampok, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, berlangsung Gladi Lapang Desa Tangguh Bencana bagi masyarakat Desa Brosot, Galur, Kulon Progo, dengan ancaman bencana alam gempa bumi dan tsunami.  Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh BPBD DIY dan melibatkan ratusan orang.

Kegiatan di awali dengan Apel Gladi Lapang Desa Tangguh Bencana, di Lapangan Klampok, diambil oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD DIY (Bapak Fauzan). Setelah apel dilanjutkan dengan Simulasi Gladi Lapang Desa Tangguh Bencana bagi Masyarakat Desa Brosot, Galur, Kulon Progo dengan ancaman bencana alam tsunami.

Kades Brosot (Yuli Purwantoro) dalam sambutannya : atas nama Pemerintah Desa Brosot sangat mengapresiasi kegiatan Gladi Lapang Desa Tangguh Bencana bagi Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Brosot.   Selanjutnya kita mulai dari sekarang harus sudah dapat mengambil langkah apabila benar-benar terjadi bencana alam, sehingga dapat meminimalisir korban.



Ir Fauzan, MT dari BPBD DIY, merasa terkesan dengan kegiatan pada simulasi hari ini, semua sudah melakukan tugasnya masing-masing, sehingga korban dapat diminimalisir.   Ketrampilan dan kecekatan yang sudah dimiliki oleh Tim Desa Tangguh Bencana Desa Brosot harus dilatih secara periodik agar ketrampilan dan kecekatan selalu terbina, sehingga diharapkan kedepan saat menghadapi penanggulangan bencana alam yang sebenarnya dapat cepat untuk mengatasinya.   Potensi bencana alam tsunami di wilayah Kulon Progo sangat tinggi, seperti di Kecamatan Galur ,Panjatan, Wates dan Temon, maka dari itu diperlukan kesiapsiagaan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama bahu membahu apabila terjadi bencana alame. Untuk menghadapi potensi bencana alam di Kulon Progo solusi yang tepat yaitu salah satunya adalah pembentukan Desa Tangguh Bencana di seluruh wilayah Kulon Progo.

Kegiatan dilanjutkan Launcing Desa Tangguh Bencana Desa Brosot dengan membuka selubung papan nama Desa Tangguh Bencana Desa Brosot oleh Ir. Fauzan, MT serta  Pengukuhan Forum Pengurangan Desa Bencana Desa Tangguh Bencana Desa Brosot Galur, Kulon Progo Tahun 2019 oleh Ir .Fauzan, MT  (Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD DIY).  Kegiatan berlangsung dengan tertib, aman dan lancar.  (Pendim 0731/KP).
Anggota Koramil Galur Kodim Kulon Progo Mengikuti Gladi Lapang Desa Tangguh Bencana Anggota Koramil Galur Kodim Kulon Progo  Mengikuti Gladi Lapang Desa Tangguh Bencana Reviewed by BIWARANEWS on Mei 02, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar