Babinsa Kulur Koramil Temon Bantu Tanam Padi




Biwaranews.com- Kulon Progo.  Sabtu, 4 Mei 2019, Sertu Kusnadi, Babinsa Kulur, Koramil Temon, Kodim Kulon Progo, melaksanakan pendampingan tanam padi di lahan milik Bapak Sutarno di Dusun Polodadi, Desa Kulur, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Bersama-sama dengan para petani Babinsa Kulur bergelut dengan lumpur, menanam bibit padi secara tradisional. Dengan berpatokan bilah bambu yang dibuat sebagai pengatur jarak tanam, satu persatu bibit padi ditancapkan di lahan yang sudah diolah dan diratakan.  Pengaturan jarak tanam akan berpengaruh atau memudahkan pada saat perawatan/matun.

Giat pendampingan tersebut merupakan tugas Babinsa dalam ikut menyukseskan Program Upsus Swasembada Pangan, yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun yang lalu.  Program tersebut dalam rangka untuk meningkatkan ketahanan pangan baik di daerah maupun ditingkat nasional.

Selain pendampingan dalam tanam padi, pendampingan juga dilakukan pada saat pengolahan lahan, pembibitan, pemeliharaan/perawatan dan juga pemanenan.  Bersama dengan PPL, Babinsa akan selalu melaksanakan pemantauan dan pendampingan, sehingga dapat diketahui apakah ada pemasalahan/kendala di lapangan atau tidak.  (Pendim 0731/KP).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.