Cegah Anarkisme,Ditbinmas Polda Bali Tingkatkan Penyuluhan Siswa SMA Dharma Praja



Denpasar Bali - Dalam rangka mencegah timbulnya bibit-bibit radikalisme dan untuk mengantisipasi Bahaya kenakalan Remaja serta aksi Anarkhisme di kalangan Generasi Muda jelang Pelantikan Presiden RI pada tgl 20 Oktober 2019 Ditbinmas Polda Bali melaksanakan kegiatan Bimbingan Penyuluhan kepada Siswa Siswi SMA Dharma Praja Lumintang Denpasar , Jumat (11/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi (Kasi) Bin Penakta Subditbintibsos Ditbinmas Polda Bali Kompol. Anwar Sasmito, S.H., M.H., serta Staff Bhamin (Bhayangkara Administrasi) Subditbintibsos Ditbinmas Polda Bali Bripka Ary Sudarsa, S.H., dan Brigpol. I Putu Sedana Yoga, Kepala Sekolah SMA Dharma Praja Denpasar I Gede Bagus A., S.Pd, Wakil Kepala Sekolah Bid. Kesiswaan I Made Yasa, S.Pd.,  Siswa Siswi Kelas X dan XI sebanyak 70 orang.

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan serentak di seluruh sekolah-sekolah di wilayah Hukum Polda Bali oleh Direktorat Binmas Polda Bali Bersama Satuan Binmas Polres/Polresta di jajaran Hukum Polda Bali berdasarkan arahan dan perintah Kabaharkam Mabes Polri yang memerintahkan para anggota Polri di setiap wilayah untuk mengantisipasi kerawanan Kamtibmas jelang Pelantikan Presiden RI, untuk mencegah aksi-aksi Radilkalisme dan Terorisme  sesuai dengan Pasal 13 UU No. 2 Tahun 2002, yaitu polisi sebagai pemelihara Kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan di ruang Kelas X dan dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA Dharma Praja bersama Guru Pembimbing dan para Siswa Siswi Kelas X dan XI, dalam sambutannya Kepala Sekolah mengucapkan “terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada aparat Kepolisian Polda Bali dalam hal ini Direktorat Binmas Polda Bali yang dengan ketulusan hati datang ke sekolah kami untuk membimbing dan mengarahkan anak-anak kami siswa siswi SMA Dharma Praja agar terhindar dari Kenaqkalan Remaja, penyalahgunaan Narkoba dan mencegah terpaparnya anak-anak kami dari bibit-bibit Radikalisme, sehingga harapan kami sebagai Guru bahwa kelak anak-anak kami dapat menjadi anak yang berbakti bagi nusa dan bangsa, ”pungkasnya. 

Dalam bimbingan penyuluhannya Kompol Anwar Sasmito, S.H.,M.H., menjelaskan “bahwa agar para siswa siswi Dharma Praja Denpasar jangan ikut-ikutan membuat gank-gank motor seperti halnya di sekolah – sekolah lain yang cenderung suka ugal-ugalan dan berbuat anarkhis melakukan aksi criminal hingga melakukan penyalahgunaan Narkoba dan apabila di ajak mengikuti aksi Demonstrasi Pelantikan Presiden seperti halnya di Jakarta jangan mau terprovokasi atau mau ikut-ikutan, tugas kalian hanyalah belajar dan belajar lalu tempa diri dengan ilmu pengatahuan yang baik agar dapat kalian gunakan untuk masa depan, Anwar juga meminta agar adik-adik mengikuti aturan-aturan yang telah di tetapkan dari Sekolah, mematuhi para Guru dan Kepala Sekolah sehinga tidak melenceng dari tugas pokok adik – adik sebagai pelajar, ujarnya”.

Perwira Menengah yang juga bergelar Master Hukum lulusan salah satu PTS di Kota Denpasar ini juga menjelaskan “agar adik-adik siswa siswi apabila ingin berhasil dalam diri, tanamkan rasa disiplin dan jiwa kepedulian dalam diri adik-adik sekalian karena dengan disiplin dapat membentuk mental kepribadian yang baik disamping itu melatih adik-adik untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang adik-adik dapatkan dari sekolah maupun orang tua, ucapnya”.

Pada kesempatan lain materi tambahan oleh Bripka. Ary Sudarsa, S.H., yang juga juga memberikan materi terkait apa itu pengertian kenakalan remaja, Kategori remaja dan pengertian tentang remaja, Bentuk-bentuk kenakalan remaja, golongan kenakalan remaja yang tergolong dalam pelanggaran norma hukum seperti mencuri, menipu, memeras, trek- trekan tanpa surat kendaraan, dan menggugurkan kandungan”, cetusnya.

Pada kesempatan tersebut, Bintara lulusan SPN Jayapura Polda Papua ini menghimbau kepada seluruh siswa dan siswi yang hadir agar bersama-sama menolak berita-berita Hoax dan ujaran kebencian, pelanggaran UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) seperti membully lewat Medsos dan turut serta menyebarkan berita- berita Hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, ucapnya”.

Ary juga meminta “perwakilan para siswa laki-laki dan perempuan untuk maju kedepan kelas untuk merefleksikan atau membuat kesimpulan atas penyuluhan yang telah mereka dengar atau yang telah dilaksanakan pada kesempatan ini, dan para siswa-siswi juga telah berjanji untuk mematuhi aturan – aturan dari pihak Sekolah dan pihak Aparat Kepolisian untuk mematuhi segala ketentuan dan Hukum yag berlaku di negara Kesatuan Republik Indonesia, tegasnya”.

Diakhir kegiatan tersebut, dilaksanakan Foto Bersama oleh team Bintibsos Ditbinmas Polda Bali dengan Siswa-siswi Kelas X dan XI serta Bersama-sama menyatakan komitmen untuk tetap setia kepada NKRI dan menjunjung tinggi Pancasila serta UUD 1945”. (AS)
Cegah Anarkisme,Ditbinmas Polda Bali Tingkatkan Penyuluhan Siswa SMA Dharma Praja Cegah Anarkisme,Ditbinmas Polda Bali Tingkatkan Penyuluhan Siswa SMA Dharma Praja Reviewed by berita on Oktober 12, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar