Guna Memupuk Jiwa Kejuangan, Kodim 1620/Loteng Gelar Upacara



Lombok Tengah -  Dalam rangka memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme dan solidaritas prajurit, Kodim 1620/Loteng  menggelar upacara bendera, yang di ikuti oleh seluruh anggota Kodim, baik militer maupun PNS, (25/11).

Upacara Mingguan tersebut bukan hanya sekedar rutinitas yang biasa untuk di lakukan, akan tetapi harus benar benar dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa Nasionalisme kita sebagai warga negara Kesatuan Republik Indonesia, terlebih sebagai seorang prajurit militer, melalui penghormatan terhadap simbol negara.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Kepala Staf Kodim 1620/Loteng Mayor Infanteri Dian Aksmiyandita Komandan upacara Danramil 09/Pringgarata Kapten Infanteri Syaiful, perwira upacara Pelda Saparmin.

Menurut Kasdim, saat di temui seusai melaksanakan upacara, Kasdim 1620/Loteng  menjelaskan bahwa upacara pengibaran bendera ini untuk menumbuhkan jiwa patriotisme seluruh peserta upacara, guna menghormati Sang Saka Merah Putih, serta menumbuhkan jiwa kedisiplinan bagi seluruh prajurit Kodim 1620/Loteng dalam mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Sumpah Prajurit.

"Upacara bendera rutin ini sarat akan makna, untuk mengingatkan kita akan perjuangan para leluhur terdahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan," jelas Kasdim.

Kasdim menambahkan, upacara juga memiliki nilai sebagai sarana komando, guna menjalin komunikasi antara pimpinan, staf dan anggota agar setiap kebijakan, instruksi, petunjuk dan informasi dapat mengalir dan dipahami secara seksama, untuk dijadikan pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas.

"Dengan upacara bendera, kita akan dapat mengingat, sehingga di benak dan jiwa kita akan tetap terpatri rasa nasionalisme, cinta tanah air dan patriotisme", pungkasnya.  (Pen)
Guna Memupuk Jiwa Kejuangan, Kodim 1620/Loteng Gelar Upacara Guna Memupuk Jiwa Kejuangan, Kodim 1620/Loteng Gelar Upacara Reviewed by tribunusantara on November 25, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar